Selasa, 14 Juni 2011

processor.. nama ini pasti sangat familiar di bidang komputer.. processor adalah bagian yang paling penting dari komputer karena bisa dibilang yang mengendalikan seluruh kinerja komputer bisa diibaratkan sebagai otaknya, mengapa otak ? karena processor lah yang mengendalikan seluruh komponen komputer , tanpa ada processor komputer anda tidak akan hidup, menampilkan bios pun tidak bisa, disini saya akan menjelaskan tentang processor terbaru yang baru dirilis tahun 2010 awal yitu corei7 buatan intel, tapi sebelumnya saya akan menjelaskan sejarah tentang processor ini

SEJARAH
processor adalah sebuah IC (integrated circuit ) yang berfungsi sebagai otak di dalam komputer debut intel pertama kali yaitu ciptaan pertama nya processor seri MCS4 yang setelah di kembangkan menjadi processor i4040, ini adalah processor pertama 4 bit yang menjadi otak kalkulator sekarang, padatahun 1972 intel megumumkan ciptaan barunya lagi yaitu processor i8008 kapasitas nya lebih besar yaitu 8 bit,tapi agak kurang disukai karena multivoltage lalu baru muncul processor i8080, disini ada perubahan yaitu jadi triple voltage. sampai pada akhirnya tahun 1997 intel mengeluarkan processor yang benar benar booming pada saat itu yaitu intel pentium 2, Pentium II sebenarnya sama seperti Pentium Pro, dan prosesor generasi keenam dari keluarga P6 lainnya. Akan tetapi, desainnya yang agak radikal membuatnya menjadi pembeda. Dengan menggunakan teknologi 350 nanometer (0.35 mikron) dan 250 nanometer (0.25 mikron) dan dilengkapi dengan instruksi MMX, prosesor ini menjadi prosesor untuk mainstream setelah Pentium MMX, setelah Pentium Pro mengalami kegagalan pada kelas desktop dan laku hanya pada server. sampai pada awal tahun ini intel mengeluarkan core i7 setelah ini saya akan membahas lebih lanjut tentang processor ini

core i7 membuat komputer kerja cepat dan kerja cerdas



Sejak peluncuran prosesor Core i7 pertama pada November 2008 silam, bisa dikatakan bahwa Intel masih menduduki jajaran atas untuk kelas prosesor desktop.
Para pemilik prosesor dengan kode nama Bloomfield tersebut dapat berbangga karena hingga hari ini prosesor yang duduk di Socket 1366 itu masih masuk jajaran prosesor cepat. Peluncuran Lynnfield tahun 2009 kemarin juga ternyata masih belum mampu menyingkirkan dominasi Bloomfield untuk prosesor desktop kelas atas.Selang beberapa tahun, Intel kembali melakukan gebrakan baru dengan arsitektur baru yang dikenal sebagai Westmere. Ini diawali dengan memperkenalkan prosesor berinti enam atau disebut juga hexa-core.

Memang, sebelumnya Intel sempat meluncurkan beberapa prosesor baru untuk socket 1366. Hanya saja sebatas peningkatan minor seperti clock speed dan masih berbasiskan Nehalem (kode nama prosesor - Bloomfield)

Intel Core i7 980X EE merupakan prosesor pertama Intel berbasis enam inti yang didukung Hyper-Threading. Karena itu, prosesor ini mampu menangani 12 thread secara simultan. Dukungan memori tiga kanal serta feature Turbo Boost masih setia menemani CPU ini. Core i7 980X ini dibangun di atas proses produksi 32 nm, sama seperti jajaran prosesor Clarkdale yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Walaupun sama-sama dibangun berbasis proses produksi 32 nm, Gulftown berbeda dari Clarkdale (yang juga sama-sama menggunakan proses produksi 32 nm). Ini karena seluruh die-nya murni dipakai untuk core prosesor. Secara teori, dengan mengecilnya proses produksi ini, transistor yang terdapat di dalamnya dapat diperbanyak pada ukuran die yang sama.

berikut adalah spesifikasi dari seluruh prodeuk intel tentang core i7



Perbedan fisik Processor Core i7 dengan generasi sebelumnya :
* Menggunakan socket LGA1366 (Processor sebelumnya menggunakan LGA775).
* Menggunakan L3 Cache 8 MB (Processor sebelumnya hanya menggunakan L2 Cache).
* Menggunakan teknologi memory 3-channel (Processor sebelumnya menggunakan dual-channel).
* Mengadopsi teknologi RAM DDR3 (Processor sebelumnya menggunakan DDR2 saja).
Persamaan Processor Core i7 dengan generasi sebelumnya :
* Sama sama menggunakan 4 core ( quad core).
* Sama-sama menggunakan manufacture 45-nm.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar